Selasa, 19 Februari 2013

SASTRA

PENGERTIAN SASTRA

Sastra (Sansekerta / Shastra) merupakan kata serapan dari bahasa sansekerta sastra,yang berarti “teks yang  mengandung  instruksi” atau “pedoman”, dari kata dasar sas- yang berarti “instruksi” atau  “ajaran”.Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Selain itu dalam arti kesusatraan,sastra bias dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Disini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan ,tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu. Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa.

FUNGSI SASTRA 

 

Dalam kehidupan masyarakat,sastra mempunyai beberapa fungsi yaitu :
1.Fungsi rekreatif,yaitu sastra dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi penikmat atau pembacanya.
2. Fungsi didaktif,yaitu sastra mampu mengarahkan atau mendidik pembacanya karena nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung didalamnya.
3.Fungsi estetis,yaitu sastra mampu memberikan keindahan bagi penikmat/pembacanya karena sifat keindahanya.
4.Fungsi moralitas,yaitu sastra mampu memberikan pengetahuan kepada pembaca /peminatnya sehingga tahu moral yang baik dan buruk,karena sastra yang baik selalu mengandung moral yang tinggi
5 Fungsi religious,yaitu sastra pun menghasilkan karya-karya yang mengandung ajaran agama yang dapat diteladani para penikmat/pembaca sastra.


Tidak ada komentar: