Rabu, 25 September 2013

Ketika Orang Yang Baru Anda Kenal Atau Tidak Anda Kenal, Bicara Yang Bukan-bukan Tentang Diri Anda !!!


 Oleh: Rahmita Sari
Punya teman kantor atau kenalan di mana saja seperti di sekolah lain,  kampus atau tetangga baru di rumah??? dia, yang baru Anda kenal sedikit tentang diri Anda kemudian berbicara yang tidak-tidak tentang diri Anda ??? . Mungkin banyak belakangan ini orang yang memiliki karakter seperti itu, kemungkinan orang seperti itu tidak menyukai Anda. Hanya rasa tidak sukanya tersebut di kamuflasekan dengan senyum di wajah yang mebuat diri kita muntah (iiiiekhh). 

Kemungkinan besar teman Anda tersebut bisa saja jika di depan Anda lebih perhatian tapi di belakang Anda, SMS yang tidak-tidak atau memprovokasi dengan membicarakan hal-hal negative mengenai diri Anda dan membuat forum untuk ngegossipkan Anda, ini sekedar saran jangan menilai buku dari luarnya. Banyak wanita cantik namun suka menggunjing, banyak lelaki gagah dan tampan namun, menelantarkan orang tuanya dari situ lah kita melihat wajah bukan yang indah tidak bisa menggambarkan tindakan-tindakan baik atau salah yang bisa orang-orang tersebut lakukan, banyak pahitnya sebenarnya di dalam kehidupan ini, jika Anda salah kaprah dalam memilih teman. 

Banyak sekali orang-orang yang kisruh atau saling sikut karena dahulunya berteman kemudian mengalami masalah dalam pertemanan tiba-tiba malah mantan teman Anda tersebut yang membuka-buka masalah yang Anda pernah ceritakan kepadanya atau malah yang lebih parah teman Anda membuka aib anda kemudian memfitnah Anda yang bukan-bukan. 
Maka dari itu, lebih baik kita pintar-pintar bergaul namun bukan digauli dengan sikap dan sifat negatif . Cari lah teman yang suka membicarakan hal-hal penting seputar kehidupan Anda, lalu tentang hal-hal positif yang bisa membuat Anda bersama teman anda nyaman. Hindari lah teman yang suka membicarakan hal-hal buruk mengenai diri orang lain, biasanya jika dirinya seperti itu apalagi jika teman Anda sedang mengalami masalah dengan Anda yang pastinya orang seperti ini suka mencari masalah. Jika ingin menghindari orang-orang seperti ini saya akan berikan sedikit Tips buat Anda sekalian agar lebih mawas diri.

1.   Jangan mencari teman yang sukanya melakukan tindakan negative, hal ini tentu saja mudah untuk di lihat dari kebiasaannya teman Anda tersebut seperti, Teman Anda suka menggandakan uang buku atau bahasa kesehariannya KORUPSI uang SPP atau KORUPSI uang kuliah dan KORUPSI uang Bakti Sosial. Biasanya jika teman anda melakukan tindakan-tindakan seperti ini ke depannya mereka akan terbiasa melakukan tindakan macam ini.

2.   Hindari teman yang sukanya membicarakan orang lain, setelah tadi saya ulas sedikit di bagian pembuka. Mungkin Anda sudah sedikit mengerti jalin lah persahabatan dengan orang-orang yang suka membicarakan tentang masalah social, keilmuan dan soal agama. Munafik bila saya memberikan saran seprti ini tapi setidaknya kita mulai terbiasa menggunakan lisan serta melatih lidah kita ke hal-hal yang berbau pahala.

3.   Jauhi diri Anda dengan hal-hal yang sifatnya hura-hura, bohong di zaman sekarang anak-anak muda atau para orang dewasa tidak menyukai hal-hal yang berkenaan dengan hura-hura. Kebanyakan hal ini sifatnya sementara dan mengakibatkan diri kita melakukan tindakan yang menjurus ke sifat-sifat konsumtif. Diri kita menjadi ketergantungan dengan hal-hal yang sifatnya tersier, yang lebih parahnya hal ini menjangkit anak-anak yang belum bisa mencari dana atau uang untuk dirinya sendiri. Mereka akan menghalalkan segala cara sesuai point (1.) pertama yang tadi saya bicarakan.

4.    Hindari teman yang malas, biasanya jika Anda bergaul dengan orang yang malas Anda akan tertular virus malas. Jadi cari lah teman yang disiplin hidupnya pola pikirnya mengarah ke hal-hal yang lebih berguna misalnya; Bertukar pikiran mengenai Anda yang sedang menganggur kemudian bicarakan mengenai masalah-masalah apa saja yang membuat diri Anda menganggur. Jika bagi pelajar usahakan cari dan dekati teman Anda yang cerdas bukan pintar sebab, jika teman Anda hanya pintar itu bisa digolongkan ke pintar bermain, pintar berbicara, pintar berkelahi tapi jika cerdas maknanya tentu berbeda dan lebih mengarah ke kualitas hidup secara keseluruhan dari mulai cerdas berpikir, berbicara, bergaul dan cerdas dalam hal prestasi.

5.   Jika Anda tinggal di lingkungan yang memang memberi dampak negative terhadap Anda seperti lingkungan yang di isi dengan orang-orang yang suka mabuk-mabukkan, dan suka bentrok kemudian hal atau keadaan itu tidak dapat diubah sebaiknya, Anda meninggalkan tempat tersebut kemudian berikan kesan yang baik pada saat meninggalkan lingkungan Anda tersebut. Sebab, kesan terakhir lah yang biasanya di kenang oleh orang-orang yang tinggal di lingkungan Anda.

6.   Jika Anda bergaul dengan teman yang pernah anda pergoki melakukan hal yang tidak-tidak mengenai diri Anda sebaiknya, hal yang pertama Anda lakukan adalah mulai dengan keadaan yang seperti biasanya, Anda jangan tersulut emosi kemudian belajar bersabar walau melakukannya itu sulit. Sedikit hindari orang tersebut kemudian jangan memberikan kepercayaan kembali untuk kedua kalinya kepada orang seperti ini biasanya, orang seperti ini tersenyum di atas penderitaan Anda. Jadi, berhati-hati lah jika Anda sudah tidak sabar menghadapi segala gangguan yang di buat orang seperti ini cukup jangan menghiraukan segala urusan yang telah dia buat. Jaga segala perkataan anda jangan pernah beberkan mengenai masalah yang menyangkut tentang diri Anda.

7.   Hidup individualis, jangan terlalu baik dan jangan juga terlalu egois sebab hal ini biasanya melatih diri Anda menjadi manusia yang tegas, dan juga mandiri. Dengan hidup individualis Anda akan terlatih dengan sikap mandiri, melakukan hal dengan sendirinya dan libatkan rasa empati dan simpati Anda ke orang-orang yang kurang mampu. Mungkin saya menganjurkan Anda untuk hidup individualis tapi jangan salah tanggap mengenai nasihat saya, Anda juga harus membiasakan melatih simpati dan empati Anda dengan menyalurkan ke orang-orang yang tidak mampu dengan  begitu Anda mendapatkan pelajaran seperti sikap mandiri, tegas dan bijaksana.

Sedikit tips untuk Anda yang berupaya menjadi orang yanglebih baik, berusaha lebih bijaksana dalam memilih teman dan latih lah diri Anda melakukan tindakan yang positif dan hindari teman-teman yang mulai memberikan kesan yang menurut Anda kurang nyaman agar anda selalu berpikir positif dan dapat memulai membuka sikap dewasa Anda, saya ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar: