Senin, 12 Agustus 2013

Puisi Ku


Masa Sulit Di Pendidikan
Oleh: Rahmita Sari

Ragu menapaki ilmu
Karena aku tidak berkemampuan
Lebih mengutamakan prinsip yang bukan wadahnya
Aku hanya diam dalam desiran yang sunyi namun bising

Segalanya tentang ide
Hasil pemikiran yang bukan di buat-buat
Bukan di atur
Bukan juga jiplak

Ketika ku sulit meraihnya
Ada seorang yang mudah meraihnya
Karena jabatan
Karena kelicikan

Namun ku diam seolah menoleh masa lalu
Ketika berbicara prinsip
Semua orang menutup hati dan pikiran
Sebab mereka tidak menginginkan resiko

Entah bagaimana cara itu datang
Entah bagaimana pemikiran itu terlanjur mengglayuti mereka
Di saat plagiat ternyata di genggam sang petinggi
Di bawah mengikuti sendiri

Haruskah aku melihat
Tidak
Tidak akan ada rasa menghormati dari ku
Yang ada hanya rasa kasihan

Pada mereka yang tidak punya buah pemikiran
Kapan mereka sadar
Bukan bangga dengan hal yang semu
Tidak mendapatkan apa-apa

Hasil yang tertoreh
Namun tidak bisa di pertanggung jawabkan
Apa
Apa  hasilnya

Kelak anak bangsa menjadi korban
Berkat manipulasi nilai
Kelak kebodohan dan keserakahan di biarkan
Karena ketegasan bisa di nilai uang

Dan kelak aku sang pengajar
Masuk jahanam
Sebab aku guru yang bodoh dan tolol
Akhirnya sanak-keluarga ku malu

Tidak ada komentar: