Rabu, 03 Juli 2013

"TIPS WAWANCARA PADA SAAT MELAMAR KERJA"


Hari gini, bingung dan gugup ngehadapin rentetan pertanyaan seputar interview kerja heh jangan khawatir gue juga pernah ngerasain gimana kegugupan itu kira-kira 2 tahun yang lalu dan ternyata emang bikin gue merinding disco wkwk, dan gue akan ngebagi tips agar loe pade ga merinding disco atau gugup tingkat dewa seperti yang gue alamin dulu CEKODOOT...........!!!!!

1. Jika Datang Terlambat
Datang terlambat saat ingin interview kerja, merupakan salah satu kesalahan yang fatal. Sebab ini kesalahan yang menunjukkan kredibilitas Anda di depan
pewawancara. Apabila meminta maaf, maka artinya Anda menunjukkan bahwa Anda sadar telah melakukan kesalahan. Lalu sebaiknya hindari alasan yang terlalu dibuat-buat. Akan lebih baik lagi bila Anda mengabari sebelumnya, melalui telepon bahwa akan telat.

2. Apabila Ponsel Berdering
Jika di tengah-tengah wawancara ponsel Anda berdering, yang harus Anda lakukan yaitu segera mematikan ponsel dan langsung meminta maaf. Katakan saja bahwa tadi Anda pikir ponsel tersebut sudah disilent atau dimatikan.

3. Saat Mendadak Buyar
Banyak calon pekerja yang saat diinterview, tiba-tiba otaknya tak bisa berpikir atau mendadak buyar dan tak bisa menangkap maksud dari pertanyaan si pewawancara. Apabila ini terjadi pada Anda, jangan sampai Anda asal-asalan menjawab. Yang harus dilakukan yaitu tanyakan kembali pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer. Sehingga Anda bisa yakin dengan pertanyaan tersebut dan jawabannya.

4. Tak Sengaja Berbicara Keburukan
Tak sedikit calon karyawan yang saat diinterview, tanpa sadar mereka membicarakan keburukan perusahaan, atasan, dan rekan kerja sebelumnya. Tentunya ini tidak akan terdengar baik di depan si pewawancara. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa langsung mengubah topik menjadi lebih positif. Misalnya, ceritakan bahwa Anda dapat pengalaman yang banyak dan bermanfaat.


5. Pelajari hal – hal yang berkaitan dengan Perusahaan.
Hal ini dikarenakan saat interview HRD atau pewancara perusahaan tersebut menanyakan kepada Anda hal – hal yang berkaitan dengan perusahaan mereka. Sehingga saat ditanya tentang Perusahaan mereka Anda sudah mengetahuinya dengan baik dan menjawabnya dengan lancar. Karena hal ini merupakan nilai tambah Anda saat Interview.

6. Perhatikan Penampilan Anda.
Penampilan memang bukan yang utama tapi penampilan merupakan hal pertama yang dilihat oleh pewancara saat anda memasuki tempat wawancara. Sehingga jika anda dapat menyesuaikan penampilan Anda saat wawancara kerja maka Pewawancara akan terkesan melihat anda dan hal ini merupakan nilai tambah bagi anda, namun jika penampilan anda asal – asalan maka pewawancara pun akan malas melakukan interview terhadapa anda sehingga peluang anda untuk diterima sangat kecil.

7. Tepat Waktu
Usahakan saat menjalani tahap wawancara anda datang lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Karena jika anda terlambat saat sesi interview ini maka anda akan dinilai buruk oleh perusahaan, sehingga kesempatan anda untuk diterima sangat kecil jadi usahakan tepat waktu.

8. Tenang dan Keep Smile
Saat berada di tempat wawancara usahakan tetap tenang dan keep smile. Hal ini bertujuan agar kita dapat menjawab pertanyaan – pertanyakan yang mereka ajukan dengan baik. Selain itu dengan senyum kita akan dapat menyembunyikan rasa gugup kepada pewawancara, namun senyum yang anda berikan jangan dibuat – buat dan jangan berlebihan.

9. Jelaskan Kekurangan dan Kelebihan Anda dengan baik.
Sebelum menghadapi wawancara ini lebih baik anda menginstropeksi diri anda, anda pahami tentang kekurangan dan kelebihan anda. Saat ditanya kekurangan anda, jelaskan kekurangan anda ini dengan baik. Maksutnya anda harus menunjukkan jika kekurangan anda ini dapat dijadikan kekuatan atau hal yang menarik oleh perusahaan. Sedangkan saat ditanya kelebihan, anda dapat menjelaskan prestasi – presatasi atau pengalaman dan soft skill yang anda miliki.

10. Kontak Mata
Saat menjalani wawancara usahakan kontak mata anda selalu fokus terhadap wawancara, jangan sampai saat ditanya pandangan anda tidak fokus atau melihat benda – benda yang ada ditempat wawancara. Karena jika anda tidak fokus maka anda dianggap tidak percaya diri oleh pewawancara.

11. Jelaskan Alasan tentang Jumlah Gaji yang Anda Inginkan.
Saat ditanya tentang gaji yang anda inginkan, anda harus dapat menjelaskannya dengan baik. Misalnya alasan anda untuk meminta gaji sebesar itu karena anda mempunyai pengalaman, prestasi dan soft skill yang sesuai dengan nominal yang anda inginkan. Selain itu anda juga harus berkomitmen dengan janji atau hal yang anda utarakan saat wawancara kepada perusahaan jika anda digaji dengan nominal yang anda inginkan. Anda dapat menegosiasikan hal ini dengan pewawancara namun jangan terlalu memaksakan gaji yang terlalu tinggi, usahakan gaji yang anda inginkan sesuai dengan kemampuan anda. Karena gaji dapat bertambah seiring prestasi yang kita berikan kepada perusahaan.

12. Bertanyalah Saat Diberi Kesempatan Bertanya.
Saat anda akan selesai wawancara biasanya pewawancara memberikan kesempatan anda untuk bertanya. Jangan lewatkan kesempatan ini, karena jika anda bertanya hal ini merupakan nilai tambah bagi anda. Sehingga dimata mereka anda merupakan seorang yang berani.
 
 Ok, sedikit info yang gue tau dan gue bagi thank's......
"(JADILAH SEORANG YANG PEKERJA KERAS , PANTANG MENYERAH DAN PUNYA PRINSIP HIDUP)".

Tidak ada komentar: